Daftar harga smartphone dan tablet Advan terbaru 2017 lengkap dengan spesifikasinya.

Custom Search

4.5.17

Harga dan Spesifikasi Advan G1 Terbaru Mei 2017

Advan G1 adalah smartphone android dari brand lokal yang dapat bersaing dengan produk dari brand global. Tidak tanggung-tanggung, Smartphone G1 ini serius menantang iPhone sebagai kompetitornya. Apa yang membuat mereka sangat percaya diri? Penasaran, kita simak yuk review mengenai Advan G1 ini. Kita akan bedah mulai dari fitur, spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangannya.

Harga Advan G1 yang menyentuh angka 2 jutaan, masih dianggap overpriced oleh beberapa kalangan. Terutama mereka yang mungkin berangkat dengan dana pas-pasan. Hal ini karena Advan adalah brand lokal yang sebagian orang masih mempertanyakan kualitasnya. Padahal, Advan selama ini sudah menunjukkan berbagai bukti bahwa produk mereka memang layak untuk bersaing di pasar global. Dan seandainya mereka bisa mencoba Advan G1 ini, tentunya mereka akan berpendapat lain. Karena hanya dari desainnya saja, kesan premium sudah sangat terasa. Bahwa ponsel ini memang ponsel berkelas.

Beralih ke fitur dan spesifikasinya, juga sangat layak diapresiasi. Advan G1 membawa layar HD dengan perlindungan Gorilla Glass 2,5D. Dan untuk dapur pacunya mereka mengandalkan prosesor Quad Core didukung kapasitas RAM sebesar 3 GB. Kemampuan kamera depan-belakang, serta kemampuan audionya juga sangta bagus sehingga dapat memanjakan telinga siapa saja yang mendengarnya.

Kehadiran Advan G1 di pasar ponsel tanah air akan membawa image baru bagi produsen lokal lainnya. Bahwa produk lokal juga masih bisa bersaing dengan produk global. Selain Advan, brand lokal yang saat ini masih bertahan di pasar ponsel tanah air diantaranya Polytron, Evercoss dan Smartfren. Brand lain yang dulu sempat berjaya seperti IMO, Mito dan beberapa lagi kini sudah tak terdengar kabarnya.

Advan G1
Advan G1, tersedia dalam pilihan warna Gold dan Silver.

Harga Advan G1 Mei 2017


Harga     : Rp 2.299.000
Pilihan Warna  : Gold, Silver
Paket Penjualan : Unit handset, kabel data microUSB, kepala adapter charger, eksklusif earphone, buku panduan + garansi, ejektor SIM, screen guard, silicon bumper, kartu bundling Telkomsel.

Desain Logam Advan G1


Desain Advan G1 bisa dibilang sangat berkelas. Ini sama sekali berbeda dengan produk-produk Advan lainnya. Ketika anda melihat dan menggenggamnya sangat terasa sentuhan mewahnya. Benar-benar ponsel dengan desain premium yang datang dari sebuah brand lokal. Advan G1 dibalut dengan bahan logam. Teksturnya terasa lembut dan nyaman digenggam namun tetap solid dan kokoh. Dikonfirmasi bahwa proses pembuatan bodi ponsel ini telah menggunakan mesin dengan teknologi CNC yang menghasilkan tingkat akurasi serta presisi tinggi.

Saat pertama kali digenggam, Advan G1 langsung menunjukkan kualitasnya. Desainnya yang unibodi, lekukannya sangat pas dalam genggaman. Rasanya seperti menggenggam iPhone 6.

Advan G1 Tampak DepanAdvan G1 Tampak Belakang

Advan G1 sama sekali tidak dilengkapi dengan tombol fisik yang biasanya terletak di bagian bawah layar. Sebagai gantinya, disematkan navigasi virtual di bagian bawah. Sementara itu, diatas layarnya yang berdiagonal 5 inci bisa ditemukan sensor proximity, lubang earpeace, LED flash dan kamera depan.

Sementara itu, di bagian belakang ada kamera utama, LED flash dan sensor pemindai sidik jari. Di bagian paling bawah ada speaker sebagai output audio. Sayangnya penempatan untuk speaker ini kurang maksimal. Sehingga suara yang disemburkan oleh speakernya sedikit terhambat jika ponsel disimpan dalam posisi berbaring. Jadi, ketika memutar musik, handphone harus disimpan telungkup (layar menghadap ke bawah) agar suara yang keluar dari speaker lebih maksimal.

Pada bagian sisi-sisinya juga tidak lupa ditanamkan beberapa port atau tombol. Untuk tombol power ada di sebelah kanan. Diatasnya ada tombol untuk volume dengan tipe roker.  Di samping kiri ada slot untuk microSD dan SIM card. Untuk membuka SIM card diperlukan pinset khusus yang sudah disertakan dalam paket penjualan. Di bagian atas ada port untuk jack audio 3,5 mm dan di bagian bawah ada port microUSB sekaligus charger.

Advan G1 Slot SIM CardAdvan G1 Tombol Power

Beralih ke sektor layar. Advan G1 membawa layar jenis IPS dengan diagonal 5 inci. Tidak terlalu besar memang, namun jadi semakin ringkas. Resolusinya masih HD (720 x 1280 pixels) dengan kerapatan layar 293 dpi. Tampilan layarnya masih terlihat jernih, lembut dan warnanya cukup tajam. Layar tersebut sudah dilindungi oleh 2.5D Corning Gorilla Glass 4 yang mengamankannya dari goresan. Sedangkan untuk melindungi mata penggunanya, ditanamkan teknologi EyePRO yang mereduksi sinar biru yang merusak mata kita.

Layar yang mengadopsi teknologi Multitouch hingga 5 titik sentuh tersebut terbilang responsif dan cepat. Baik saat tap maupun gulir. Keyboard virtualnya juga sangat nyaman digunakan, cepat, realtime tanpa khawatir typo.

Kemampuan Kamera 13 Megapiksel


Kamera merupakan salah satu unsur yang menjadi pertimbangan besar bagi calon konsumen saat ini. Secara, virus selfie sudah menjangkiti hampir seluruh lapisan masyarakat. Atas-bawah, tua-muda, laki-laki dan perempuan sekarang doyan yang namanya selfie. Belum lagi fenomena youtubers yang sekarang makin menjamur. Hanya bermodalkan kamera ponsel yang bagus, seseorang sudah bisa menjadi youtubers. Mengupload video di youtube dan menghasilkan uang.

Kamera utama Advan G1 mempunyai lensa 13 megapiksel. Sama seperti miliknya Advan I55 dan juga Advan I5A Glassy Gold. Dan tidak tanggung-tanggung. Advan menyematkan lensa Largan Precision pada smartphonenya kali ini. Untuk yang belum tahu, Largan adalah produsen lensa kamera yang sudah dipercaya oleh brand-brand ternama dunia. Salah satunya adalah Apple iPhone.

Kamera Advan G1
Kamera Advan G1, dengan Largan Lens.

Hasil jepretan kamera Advan G1 memang berbeda dari ponsel-ponsel Advan sebelumnya. Gambarnya lebih detail dan warnanya juga terlihat lebih natural. Untuk pemotretan indoor, masih dilihat ada beberapa noise. Namun ketika dicoba menggunakan LED flash, noise pun seakan hilang. Foto terlihat jauh lebih baik. Resolusi maksimal yang bisa dicapai adalah 4608x2592 piksel.

Begitu juga dengan tangkapan gambar di luar ruangan. Hasil gambarnya tetap jernih, tajam dan natural. Dengan detail yang bagus karena pencahayaan melimpah. Saat digunakan untuk merekam video, kamera Advan G1 ini juga terbilang bagus untuk jajaran ponsel pada rentang tersebut.

Kemampuan kamera depannya juga terbilang bagus. Walaupun tidak ada fitur Beautify seperti pada ponsel-ponsel OPPO, namun masih banyak fitur yang bisa digunakan setelah pemotretan. Hal ini sangat membantu dalam mempercantik hasil foto agar terlihat lebih sempurna. Dan anda juga tidak perlu khawatir saat harus berselfie di tempat yang minim cahaya. Karena kamera depan Advan G1 ini sudah dilengkapi dengan LED flash.

Untuk menyimpan file hasil jepretan kamera, disediakan ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB. Jika masih kurang, bisa diperbesar dengan slot microSD hingga 32 GB.

Prosesor Quad Core, RAM 3 GB


Advan G1 diotaki oleh chipset Mediatek MT8735P. Kelebihand ari chipset ini adalah hemat daya. Dikombinasikan dengan OS Android Marshmallow, manajemen dayanya dijamin TOP BGT. Sayangnya, untuk kecepatan "Clock Speed" tidak begitu bagus. Tercatat, CPU Quad Core 64-bit ini hanya bisa lari di angka 1.0 Ghz.

Meskipun begitu, dengan dukungan RAM 3 GB, ponsel ni mampu memperlihatkan kinerja maksimal dalam kecepatan. Hal tersebut terbukti ketika digunakan untuk mengeksekusi beberapa aplikasi pada saat bersamaan (multitasking). Begitu juga saat bermain game HD dan menonton video resolusi tinggi. Semuanya dapat dimainkan dengan lancar. Visual grafisnya juga lumayan bagus berkat dukungan GPU Mali-T720.

Gambaran performa Advan G1 bisa dilihat dalam data tabel berikut ini. Yang didapat dari berbagai aplikasi Benchmark seperti AnTuTu, GeekBench, 3DMark, dll.
 Aplikasi Benchmark Skor
 AnTuTu v6.2.6 24.330
 GeekBench4 (Single-core, Multi-core) 454, 1258
 GeekBench4 (Compute) 610
 NenaMark2 V2.4 51,1 fps
 3DMark (Sling Shot Extreme) 82
 PCMark (Work 2.0 Performance) 2126

Selain prosesor, performa audio dari smartphone Advan G1 juga terbilang bagus. Keluaran suara musiknya kencang namun tidak sember. Dapat mengeksekusi keluaran bass dan spektrum audionya lebar, sangat memanjakan telinga. Bagusnya lagi, Advan membekali G1 dengan earphone khusus dalam paket penjualannya. Kualitas suara yang dihasilkannya benar-benar jempolan.

Advan G1 juga mempunyai fitur khusus, seperti pemindai sidik jari, Advan Store, Freeshare dan Gesture control. Pemindai sidik jari pastinya anda tahu fungsinya buat apa. Advan store adalah aplikasi khusus yang memungkinkan pengguna ponsel Advan mendownload berbagai konten seperti aplikasi, game dan sebagainya. Kelebihannya dari playstore, tentu konten-konten yang tersedia sangat kompatibel dengan perangkat G1.

Freeshare adalah aplikasi yang memungkinan kita untuk berbagi file dengan cepat epada sesama pengguna smartphone. Bisa juga digunakan untuk mengkloning isi ponsel dan mentransfernya ke ponsel Advan lain. Uniknya, juga bisa mentransfer ke iPhone. Entah ada hubungan apa antara Advan dan iPhone.

Support Jaringan 4G LTE


Dukungan terhadap jaringan 4G sepertinya sudah menjadi tugas wajib bagi para produsen ponsel saat ini. Smartphone dengan harga lebih dari satu jutaan dan belum mendukung 4G, dijamin susah laku. Karena sekarang bahkan ponsel dengan harga di bawah sejutaan sudah banyak yang mendukung jaringan 4G. Bukan tidak mungkin untuk ke depannya, HP ratusan ribu juga sudah support 4G. Dan pastinya, Advan G1 juga sudah support jaringan 4G.

Yang juga tak kalah penting dalam sebuah smartphone adalah daya tahan baterainya. Adan G1 membawa baterai sebesar 2600 mAh. Meski tidak terlalu besar, namun manajemen dayanya sangat bagus. Hal ini berkat kombinasi dari OS Marshmallow dan chipset Mediatek MT8735P. Saat dijajal melakukan berbagai kegiatan digital, hasil yang didapat adalah sebagai berikut:
 Jenis Aktifitas Durasi Penurunan
 Menonton Video HD 60 menit 12 %
 Mendengarkan Musik 60 menit 11 %
 Bermain Game HD 60 menit 14 %
 Browsing Internet 4G LTE 60 menit 12 %

Nah, seperti yang terlihat dari tabel di atas, aktifitas yang paling menguras daya ternyata bermain game. Bukan menonto video, menyetel musik, ataupun browsing internet. Namun dari data tersebut juga bisa ditarik kesimpulan bahwa baterai Advan G1 terbilang awet. Pasalnya beberapa smartphone mengalami penurunan baterai yang signifikan hingga 28% ketika digunakan untuk bermain game selama 60 menit. Sayangnya, Advan tidak melengkapi G1 dengan teknologi Fast Charging. Sehingga memerlukan waktu pengisian yang lebih lama.

Fitur dan Spesifikasi Advan G1


Tipe LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar5.0 inci, 720x1280 piksel (HD), multitouch 5 point, Corning Gorilla Glass 2.5D
Ukuran/Berat-
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)
ProsesorMediatek MT8735P, Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T720MP
MemoriInternal 16 GB, 3 GB RAM, microSD up to 32 GB
KameraPrimer 13 MP (F/2.0), autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, video (Lensa Largan Precision)
Sekunder 8 MP (F/2.2), Flash LED
Video Record 1080p@30fps
SIM CardDual SIM GSM - GSM
Data4G LTE, 3G HSPA, EDGE, GPRS
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
KonektivitasBluetooth v4.0, A2DP, microUSB v2.0
MultimediaVideo Player - MP4/H.264 player
MP3 Player - MP3/WAV/eAAC+ player
BateraiLi-Ion 2600 mAh
Fitur TambahanFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, FM radio, RDS, Document viewer - Photo/video editor, Fast charging
HargaRp. 2,299,000.00 (Baru)

Harga Advan G1 yang dibanderol 2 jutaan memang dipandang terlalu mahal bagi sebagian orang. Tapi setelah mereka mencicipi ponsel ini untuk pertama kalinya, pastinya pandangan mereka akan berubah. Dari segi spesifikasi ponsel ini memang berada pada rata-rata smartphone dalam rentang harga yang sama.

Kelebihan Advan G1 terletak pada desain bodi dan material yang mampu menampilkan kesan mewah dan elegan. Performanya secara keseluruhan juga terbilang bagus. Demikian juga manajemen daya, yang membuatnya tidak boros baterai saat digunakan melakukan aktifitas digital apapun. Sektor kamera juga patut diacungi jempol. Dengan menggandeng Lensa Largan, ini merupakan bukti keseriusan Advan dalam megembangkan kinerja kamera ponselnya ke arah yang lebih baik.

Memiliki banyak kelebihan bukan berarti Advan G1 tidak memiliki kekurangan. Beberapa poin minus ponsel ini antara lain alokasi loudspeaker yang kurang tepat, sehingga suara tidak maksimal ketika ponsel berbaring. Kemudian, ketiadaan teknologi fast charging juga bisa sedikit merepotkan.

Lihat Juga: