Daftar harga smartphone dan tablet Advan terbaru 2016 lengkap dengan spesifikasinya.

Custom Search

7.11.16

Harga HP Advan Barca S4X dan Spesifikasi - November 2016

Sebuah smartphone baru bernama Advan S4X meluncur ke pasaran dan termasuk ke dalam jajaran Barca series. Padahal, belum lama ini advan juga melempar dua buah produknya yang membawa jaringan 4G LTE guna menyambut hadirnya era 4G di Indonesia. Mereka adalah Advan I5 yang membidik segmen pasar menengah dan Advan I45 yang membidik segmen pasar entry level alias pemula.

Harga Advan Barca S4X terbilang sangat murah, yakni sekitar 700 ribuan. Sayangnya ponsel pintar ini tidak dilengkapi dengan dukungan terhadap jaringan 4G LTE. Cukup masuk akal memang, mengingat harga yang ditawarkan sudah sangat murah. Terlalu murah bahkan jika harus mengusung jaringan LTE.

Spesifikasi Advan Vandroid S4X ini cukup menarik untuk dicermati. Pasalnya, dengan harga yang super murah, si pintar ini sudah membawa prosesor Quad Core sebagai otak utamanya. Yang juga mearik dari S4X besutan Advan ini adalah ketersediaan dua buah kamera berukuran 5 megapiksel di bagian depan belakang. Dan keduanya sudah mempunyai lampu flash masing-masing yang tentunya dapat membantu dalam melakukan pemotretan saat kondisi gelap atau minim cahaya. Usut punya usut, ternyata smartphone ini emmang ditujukan bagi para anak muda khusunya, dan semua kalangan pada umumnya yang doyan selfie. Maklum, sekarang 'penyakit' ini sudah mewabah tidak hanya di kalangan anak muda tapi juga dewasa dari berbagai profesi dan kalangan.

Jadi, bisa dibilang Advan Barca S4X merupakan ponsel untuk selfie. Mungkin Advan berkaca pada kesuksesan Oppo dan beberapa brand lain yang sukses meluncurkan ponsel selfienya ke pasaran. Sejauh ini sudah banyak sekali beredar ponsel-ponsel yang mengadopsi kamera depan beresolusi besar untuk memenuhi kebutuhan penggunanya yahng haus akan selfie. Dari mulai brand besar hingga brand abal-abal. Namun, dari semua ponsel selfie yang saat ini beredar di pasaran, hanya beberapa saja yang dbanderol dengan harga benar-benar murah. Diantaranya Smartfren Andromax C2S dan Advan Barca S4X.

Kedua ponsel ini sama-sama ditujukan khusus untuk penggila selfie. Dan keduanya sama-sama mengusung merk lokal. Maka sangat pas jika keduanya dijadikan sebagai bahan komparasi. Oke, nanti di akhir, kita akan compare kedua smartphone ini untuk mendapatkan jawaban smartphone mana yang pantas dijuluki sebagai ponsel selfie paling murah. Namun sebelum itu mari kita ulas dahulu mengenai harga dan spesifikasi Advan Barca S4X.

Harga Advan Barca S4X


Membidik segmen pasar entry level yang doyan selfie, Advan membandreol produknya ini dengan harga super murah. Harga Advan S4X saat ini cuma Rp 700 ribuan. Bahkan ada seller di Lazada yang berani menawarkan ponsel ini dengan harga di bawah 700 ribu, alias hanya 600 ribuan saja. Dari sisi harga Smartfren Andromax C2s sepertinya sudah kalah, tapi kita harus melihat lebih jauh mengenai spesifikasi S4X apakah sesuai dengan harga yang ditawarkan atau tidak. Oke, kita mulai saja ulasan mengenai spesifikasi, kekurangan dan kelebihan handphone pintar ini.

HP Advan Barca S4X
HP Advan Barca S4X

Desain dan Layar Advan S4X


Dimulai dari desainnya Advan sepertinya tidak menawarkan konsep yang istimewa pada produknya kali ini. Standar, hanya saja logo Barcelona di atas logo Advan pada bagian Back Cover smartphone ini cukup kere dan menambah nlai jual di mata konsumen. Terlebih lagi jika calon konsumennya merupakan fans fanatik klub sepakbola asal Spanyol ini. Tapi pertanyaannya, bagaimana jika calon konsumen ternyata fans musuh bebuyutan Barca? Fans Madrid misalnya. Apa yang akan terjadi?

Entehlah ya. Yang jelas Advan Barca S4X membawa layar berukuran 4 inci. Ukuran layar standar untuk ponsel-ponsel di bawah satu jutaan. Walaupun sudah banyak muncul ponsel-ponsel murah dengan layar 4,5 inci bahkan sampai 5 inci. Semaki besar ukuran layar tentunya akan semakin bagus di mata konsumen. Karena bisa lebih leluasa dalam bermain game, menonton video, maupun saat browsing internet. Namun tidak selalu, adakalanya konsumen menginginkan handphone dengan ukuran layar kecil, di bawah 5 inci. Layar Advan S4X sudah mengadopsi teknologi LCD IPS, sehingga ketajaman layarya tidak berkurang meskipun layar dilihat dari berbagai sudut. Readibilitasnya juga masih bagus walaupun dilihat di bawah terik matahari langsung.Layar dengan resolusi WVGA (800 x 480 pixels) tersebut mempunyai kerapatan layar sebesar 230 ppi yang membuatnya kelihatan tajam.

Hardware dan Software Vandroid S4X


Untuk sistem pengoperasiannya Advan mempercayakan pada OS Android Kitkat dalam menjalankan fungsinya. Tentunya ini bukan kabar gembira, karena ponsel lain yang keluar baru-baru ini sudah menyuguhkan sistem operasi Android Lollipop. Terlalu berlebihan jika berharap handphone dengan harga 700 ribuan mengusung bendera Marshmallow. Namun Anda tak perlu khawatir, karena tampilan antarmukanya sudah disesuaikan dengan karakter konsumen Indonesia. Mereka menyebutnya sebagai User Interface IDOS (Indonesia Operating System). Dari namanya sepertinya cukup menjanjikan, tapi kita akan membahasnya setelah meihat respon masyarakat mengenai UI gagasan Advan ini. Mungkin hendak menyaingi Color OS milik Oppo atau UI Vibe-nya Lenovo.

Tiba juga saatnya kita membahas mengenai hardwarenya. Sebagai otak yang menentukan kinerja produknya, Advan jelas tidak ingin main-main dalam membenamkan spesifikasi prosesor. Meski dibanderol dengan harga murah, namun Advan S4X sudah dibekali dengan prosesor Quad Core dengan arsitektur Cortek-A7 yang mampu berlari dengan kecepatan 1,2 GHz. Untuk chipsetnya, Advan menggunakan Spreadtrum SC7731. Cukup mengherankan karena biasanya pabrikan lokal ini setia dengan Mediatek. Kemudian akan muncul pertanyaan apakah chipset Spreadtrum lebih baik dari Mediatek? Ataukah produsen hanya ingin mencari keuntungan dengan menekan biaya produksi yang berimbas pada pemilihan chipset yang lebih murah? Dapatkan jawabannya setelah pesan-pesan berikut ini... (saya ngopi dulu).

Smartphone Advan S4 series lainnya bisa dibaca dalam artikel di bawah ini:

Untuk menentukan mana yang lebih bagus diantara keduanya cukup sulit. Beda ketika yang dikomparasi adalah Mediatek vs Qualcomm. Saya dengan tegas memilih Qualcomm. Meski sudah banyak smartphone yang menggunakan Spreadtrum, namun sebuah polling yang dilakukan Specout.com memberikan hasil bahwa chipset dari Mediatek masih lebih baik.

Sementara itu, untuk pengolah grafisnya Advan S4X dibekali GPU Mali-400MP dengan dukungan RAM sebesar 1 GB. Dengan spesifikasi tersebut, diharapkan aktifitas digital Anda bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Anda bisa menjalankan multitasking, browsing internet, memainkan game dan menonton video secara menyenangkan, tanpa lag apalagi ngehang.

Kamera Advan Barca S4X


Beralih ke sektor imaging, Advan Vandroid S4X dibekali dua buah kamera untuk mengabadikan momen dalam bentuk gambar dan video. Di bagian belakang ada lensa berukuran 5 megapiksel dengan LED flash yang sangat berguna untuk mengambil gambar dalam keadaan gelap atau pencahayaan kurang. Dengan adanya lampu flash ini, diharapkan pengguna HP murah sekalipun masih dapat menangkap momen dengan indah meskipun di malam hari. Yang menarik adalah kamera depannya. Di bagian depan, juga disematkan lensa berukuran 5 megapiksel, sama seperti bagian belakang. Dan ditemani juga dengan lampu flash. Fasilitas ini membuat anda yang gemar selfie bisa selfie kapanpun dimana pun, baik siang maupun malam. Dan tentunya, kualitas fotonya jauh lebih baik dari ponsel dengan kamera depan 2 megapiksel.

Kamera Advan S4X
Kamera Advan S4X, Depan - Belakang 5 Megapiksel Dual LED Flash

Bagi para penggemar selfie, selain membutuhkan kamera dengan kemampuan yang bagus, mereka juga membutuhkan ruang penyimpanan yang lega. Kenapa? Karena seseorang selfie, dia akan mengambil banyak gambar dari berbagai angle dan berbagai gaya serta berbagai ekspresi wajah. Baru kemudian hasil fotonya dipilih yang terbaik, yang terbaik, yang tercantik/terganteng baru kemudian diedit. Setelah memastikan hasil foto sempurna, baru diunggah ke media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path dan lain sebagainya. Dan semua itu sudah tersedia di Advan S4X, karena ponsel ini memiliki memori internal sebesar 8 GB. Jika itu masih belum cukup, masih ada slot memori eksternal yang bisa diisi dengan kartu memori yang mempunyai kapasitas maksimal 32 GB.

Konektivitas dan Jaringan


Sebagai ponsel modern, belum lengkap rasanya jika sebuah ponsel tidak dilengkapi dengan kemampuan akses data yang cepat. Sayangnya, Advan S4X belum mendukung jarngan 4G LTE yang merupakan jalur data tercepat di Indonesia saat ini. Advan hanya memberikan pilihan akses data via jalur 3G dan WiFi hotspot. Sedangkan sarana bertukar file antar perangkat bisa dibilang standar lah. Ada bluetooth untuk koneksi nirkabel, ada juga port microUSB untuk lalu-lintas file via kabel data. Dan seperti ponsel-ponsel lokal lainnya, ponsel ini juga dibekali kemampuan dual SIM, untuk membaca dua buah SIM card dalam satu perangkat. Di sisi ini memang tak ada yang istimewa.

Baca juga smartphone Advan Barca series lainnya di bawah ini:

Begitu juga sektor lainnya seperti perpesanan, fitur dan multimedia. Advan S4X Barca series ini bisa digunakan untuk telepon, SMS dan berkirim pesan singkat. Tinggal download aplikasinya lewat google playstore. Ada BBM, Wechat, WhatsApp, Line, KakaTalk dan sebagainya. Ponsel ini juga bisa digunakan untuk memainkan game-game yang sedang populer seperti Clash of Clans. Sayang, layarnya tidak terlalu besar, sehingga bagi Anda yang terbiasa dengan gadget berlayar lebar pastinya bakalan kagok.

Ponsel modern yang mumpuni adalah yang bisa menemani aktivitas penggunanya seharian. Karena itu wajib bagi ponsel andalan untuk memiliki baterai dengan daya tahan yang bagus. Buakn masalah kapasitas, tapi daya tahan. Percuma kapasitas besar tapi daya tahannya kurang. Dan Advan S4X ini dibekali dengan baterai berkapasitas 1500 mAh. Secara logika, kapasitas baterai tersebut kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Mengingat prosesorya sudah quad core dan adaya dua LED flash pada masing-masing kamera. Oleh karena itu, baterai cadangan atau power bank wajib dibawa saat menggunakan handphone ini untuk aktifitas luar yang kemungkinan tidak ada tempat untuk melakukan charge terhadap ponsel jika baterai habis.

Smartphone Advan Barca S4X
Smartphone Advan Barca S4X dengan dua kamera 5 megapiksel.

Spesifikasi Smartphone Advan Vandroid S4X
JaringanGPRS, EDGE, 3G HSDPA - Dual SIM GSM
LayarLCD IPS (In-Plane-Switching), 4 Inch WVGA (800×480), Capacitive touchcreen ~230 ppi
UkuranNo Data
OSAndroid OS, v4.4 KitKat
CPUSpreadtrum SC7731, prosesor quad-core 1,2 GHz Cortex-A7
GPUGPU Mali-400MP
ROMInternal 8 GB, microSD (up to 32 GB)
RAM1 GB
KameraPrimer 5MP, LED Flash; Sekunder 5MP, LED flash
KonektivitasWiFi, Hotspot, Bluetooth v4.0, Port microUSB 2.0
BateraiLi-ion 1500 mAh Battery
FiturDual SIM, Dual Flash LED, Browser HTML, User Interface IDOS (Indonesia Operating System)

Adu Fitur Advan S4X vs Smartfren Andromax C2S

Seperti yang saya sebutkan tadi di awal, saat ini yang menjadi saingan berat Advan S4x untuk mendapatkan gelar ponsel selfie termurah adalah Smartfren Andromax C2s. Ponsel tersebut membawa spesifikasi yang hampir dengan ponsel yang sedang kita bahas sekarang ini. Terutama dari sisi kamera selfienya yang sama-sama membawa lensa 5 megapiksel. Namun yang akan kita bandingkan adalah fitur dan spesifikasi penting secara keseluruhan. Karena itu, saya sudah membuat tabel perbandingan antara kedua ponsel ini.

Tabel Perbandingan Fitur Advan S4X vs Andromax C2S
SpesifikasiAdvan S4xAndromax C2s
Harga700 ribuan800 ribuan
Layar4 inci4 inci
ProsesorSpreadtrum quad coreSnapdragon dual core
OSkitkatkitkat
ROM8 GB4 GB
RAM1 GB512 MB
Data3G HSDPA3G HSDPA
Baterai1500 mAh1500 mAh
LainnyaDual GSMGSM-CDMA

Dari tabel tersebut, keliahtan keduanya mengusung spesifikasi yang hampir setara. Dan punya kelebihan masing-masing. Namun, di beberapa sektor, S4X lebih perkasa dibandingkan dengan Andromax C2s. Untuk urusan kamera, keduanya sama-sama membawa kamera 5 megapiksel di bagian depan dan belakang, serta dual LED flash juga di depan dan belakang. Jadi di sekor ini keduanya setara. Keunggulan Advan ada pada harga yang lebih murah, kapasitas memori internal dan RAM.

Kelebihan dan Kekurangan Advan Barca S4X


Sebagai ponsel yang membidik pasar entri level dimana banyak sekali brand yang bermain di sana, mulai dari brand ternama, lokal sampai yang baru muncul. Dari yang mulai bersinar dan menggarap dengan serius, sampai yang sekedar coba-coba sambil mencari peruntungan. Tentunya setiap produk yang dilempar ke pasaran akan mendapatkan banyak sorotan dan perbandingan dengan produk lain. Tak terkecuali Advan S4X. Sebagai produk yang baru muncul di awal tahun 2016 ini, S4X membawa kelebihand an kekurangan.

Kelebihan:
  • Harganya murah dibandingkan para pesaingnya yang mengusung spesifikasi serupa
  • Prosesor quad core punya kemampuan yang baik
  • Kapasitas memori internalnya cukup besar
  • Kapasitas RAM 1 GB juga cukup baik
  • Kamera depan 5 megapiksel dengan LED flash cocok untuk selfie
  • Membawa UI IDOS yang khusus untuk disesuaikan dengan konsumen Indonesia

Kekurangan:
  • Sistem operasi masih menggunakan Android Kitkat
  • Kapasitas baterai yang disediakan hanya 1500 mAh
  • Belum mendukung jaringan 4G LTE

Nah, itu dia ulasan mengenai harga, spesifikasi, fitur dan kekurangan serta kelebihan Advan S4X. Kesimpulannya, ponsel ini memiliki kualitas yang bagus dengan harga terjangkau. Namun masih terdapat beberapa kekurangan. Jika anda menginginkan ponsel murah yang memiliki kemampuan kamera depan yang bagus buat selfie, maka ponsel ini sangat cocok untuk anda. Oke jangan lupa lihat juga daftar ponsel lainnya dalam harga HP Advan untuk bulan ini.